Jumat, 09 Desember 2011

0
Manfaat Madu untuk kulit




Madu tidak hanya baik untuk tubuh ketika dikonsumsi, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kulit. Manfaat madu tersebut sudah lama dikenal sejak zaman Cleopatra di Mesir kuno yang digunakan sebagai lotion wajah.
Madu diperoleh dari sari bunga dan mengadung 80 persen gula, dimana sisanya adalah mineral, seperti besi, kalsium, fosfor, magnesium, asam amino. Madu juga mengandung vitamin C, B dan air. Apa saja manfaat madu bagi kesehatan kulit?
* Pelembab
Madu memiliki kualitas sebagai humektan sehingga sering digunakan sebagai pelembab dalam berbagai jenis kosmetik. Madu tidak hanya mengikat air tetapi juga mempertahankan kesehatan kulit dari dalam, sehingga tetap kenyal dan elastis, disamping juga melindungi kulit dari keriput dan kekeringan.
* Antiseptik
Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang memberikan sifat-sifat penyembuhan. Sifat ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu dengan memproduksi enzim-hidrogen peroksida sehingga madu dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk mempercepat penyembuhan luka dan lecet.
* Menyembuhkan eksim
Jenis madu tertentu seperti Manuka mampu menyembuhkan penyakit seperti eksim. Madu dapat mengobati kulit rusak dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit sebagai unsur yang terpenting dalam menyembuhkan eksim dan bentuk lain dari dermatitis.
* Mencegah infeksi
Sebuah infeksi kulit yang disebabkan oleh ringworm (cacing gelang) juga dapat diobati dengan menggunakan madu Manuka. Istilah cacing gelang (ringworm) merujuk pada infeksi-infeksi jamur yang berada dipermukaan kulit.
* Anti-penuaan
Madu selalu terkenal karena sifat alami antioksidan yang memainkan peran penting dalam melindungi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Sering terpapar sinar matahari menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Madu dapat digunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
* Anti jerawat
Madu dapat melawan infeksi di bawah kulit akibat sumbatan di pori-pori dan menarik kotoran keluar. Madu juga memiliki sifat aktif yang mampu menembus folikel serta membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan infeksi.
* Penyejuk kulit
Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak sayur dan seperempat sendok teh jus lemon. Ini merupakan campuran kondisioner alami. Untuk menggunakannya Anda bisa menggosokannya ke setiap bagian tubuh Anda yang kering. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas.
* Perlindungan bibir
Madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan keriput, sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.
* Pengelupasan kulit
Madu dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan terluar kulit. Caranya, Anda dapat mencampur satu sendok makan almond dengan madu, dua sendok makan oatmeal kering dan satu sendok teh jus lemon. Setelah itu, pijat lembut campuran ini pada wajah selama 5 menit dan kemudian bilas menggunakan air.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar