Selasa, 13 Desember 2011

0
Manfaat Daun Katuk bagi Tubuh


berikut ini adalah manfaat daun katuk bagi tubuh :

1. Daun Katuk sebagai Antikuman

2. Daun Katuk sebagai pelancar ASI

3. Daun Katuk sebagai Antilemak

Kegunaan Katuk Lainnya
Kegunaan lainnya adalah bahwa ekstrak daun katuk dapat menurunkan tekanan darah, merendahkan frekuensi dan amplitudo denyut jantung, dan menurunkan suhu badan. Selain itu untuk membersihkan darah yang kotor.
            Daun dan akar katuk mempunyai fungsi sebagai pelancar air seni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infus akar katuk mempunyai efek antipiretik pada merpati, dan pada pen gamatan fisik ada indikasi diuresis.  Pemberian infus akar katuk meningkatkan volume air kencing. Meskipun demikian, cara kerja infus katuk pada proses diuresis belum dikatahui. Akarnya jika direbus juga dapat dijadikan obat demam, dan sebagai obat luar terhadap frambusia.
            Selain itu, daun katuk juga digunakan untuk pewarna makanan, menurunkan demam. Jus daun katuk dapat digunakan untuk menyembuhan penyakit mata dan pelangsing tubuh pada manusia.
            Bila daunnya diremas-remas dengan  tangan dapat memberikan warna hijau kepada beberapa makanan seperti kelepon, tape dan ketan. Dapat dinyatakan bahwa daun katuk merupakan sumber zat warna yang mempunyai fungsi ganda. Disamping sebagai pewarna hijau pada bahan pangan, ia juga dapat sebagai sumber provitamin A. buahnya yang kecil dan berwarna putuh kadang-kadang dibuat manisan.
 
Pengaruh Negatif Daun Katuk
            Selain pengaruh positif, penggunaan daun katuk juga menyebabkan pengaruh negatif seperti dapat menyebabkan keguguran. Daun katuk mengandung alkaloid papaverin yang dapat menimbulkan rasa pusing, mabuk dan konstipasi. Namun, senyawa ini tidak selalu ada dalam daun katuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian EDK sebesar 18 g/kg ransum menghasilkan warna daging dada yang lebih pucat. Selain itu, daun katuk mengandung banyak Kristal kalsium oksalat bentuk roset, sehingga bagi penderita penyakit batu ginjal daun katuk berbahaya dikonsumsi sebagai sayuran.
  

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Papan Tulis Putih~ | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards